Arsip !

Senin, 13 Maret 2023

Langkah Menyusun ATP

Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) langkah yang diperlukan meliputi:

a. Melakukan analisis Capaian Pembelajaran yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

b. Mengidentifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan kompetensi – kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.

c. Melakukan analisis setiap elemen dan atau subelemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut. Ada enam dimensi, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha, Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

d.  Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

e. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, menyusun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari dan dari waktu ke waktu

f. Menentukan ruang lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama).

g.  Menentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan. Contohnya TP untuk mencapai suatu kompetensi pengetahuan 120 menit, keterampilan 480, dan sikap 120 menit.

Guru selaku pendidik diperbolehkan untuk merancang alur tujuan pembelajaran mereka sendiri, tujuan pembelajaran yang telah dikembangkan pada tahap sebelumnya akan diatur sebagai urutan yang secara sistematis, dan secara logis dari awal hingga akhir fase.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) diatur secara linier, satu arah, dan tidak bercabang dalam pembelajaran setiap harinya.

(Sumber: #kurikulummerdeka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..