Arsip !

Minggu, 24 Oktober 2010

SOAL BINDO-ANTISIPASI UN~

Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !

Bacaan
Hukum adalah seperangkat ketentuan-ketentuan yang mengatur tata-tertib dalam suatu masyarakat. Ketentuan yang berisi perintah dan larangan itu harus ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan. Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan tersebut harus berani memikul resiko untuk bertanggung jawab sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Hukum bermaksud mengatur ketertiban masyarakat. Hukum yang berlaku disebut hukum positif. Hukum positif tersebut biasanya dalam bentuk perundang-undangan atau peraturannya lainnya yang sedang berlaku. Beberapa bentuk larangan dari norma hukum tersebut diantaranya adalah larangan mencuri. Bila ada warga masyarakat yang melakukan perbuatan demikian, akan memperoleh hukuman yang tertentu.
Demikian pula dalam hukum positif, Indonesia melarang melakukan perbuatan membunuh, menipu, merampok, dan sejumlah larangan lainnya seperti aturan dalam berlalu lintas dan sebagainya.
Bila larangan tersebut dilanggar, maka para pelakunya akan mendapat hukuman tertentu, baik dalam bentuk pidana badan maupun denda dengan sejumlah uang. Dalam norma hukum norma agama, dianjurkan setiap warga negara untuk berbuat baik, baik untuk kepentingan masyarakat maupun untuk kepentingan bangsa dan negara.
Setiap orang harus bertingkah laku sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan sehingga ketertiban dalam masyarakat tetap terpelihara. Melalui ketentuan hukum kehidupan di dalam masyarakat diatur dan ditertibkan, agar terbina suasana kehidupan yang harmonis.
Hukum dapat digolongkan menurut sanksi atau sifatnya, bentuknya, dan isinya. Menurut sanski atau sifatnya, hukum disebut yang mengatur dan memaksa. Menurut bentuknya, hukum dapat digolongkan menjadi hukum material dan hukum normal. Menurut isinya, hukum dapat digolongkan menjadi hukum ublik, hukum privat atau hukum sipil. Pembagian yang sekarang lazim ialah pembagian yang sekarang lazim ialah pembagian hukum dalam hukum publik dan hukum privat (sipil).

1. Gagasan utama paragraf pertama adalah ….
a. hukum positif biasanya dalam bentuk perundang-undangan atau peraturannya yang lain ! b. Pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku mempunyai resiko.
c. Hukum adalah seperangkat ketentuan yang mengatur tata tertib dalam masyarakat.
d. Hukum positif membentuk perundangan tidak peraturan yang identik.

2. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada paragraf kedua adalah … .
a. Adakah sanksi hukum bagi orang yang melanggar larangan?
b. Bagaimana sanksi hukum bagi orang yang melanggar ?
c. Kepada siapa norma hukum diberlakukan ?
d. Apakah hukum yang berlaku di masyarakat ?

3. Kalimat utama paragraf kelima adalah pada kalimat … .
a. Pertama c. Ketiga
b. Kedua d. Keempat

4. Kesimpulan wacana di atas yang paling tepat adalah … .
a. Melalui ketentuan hukum, kehidupan di dalam masyarakat diatur dan ditertibkan, agar terbina suasana kehidupan yang harmonis.
b. Hukum mengatur hubungan antara seseorang dengan negara.
c. Hukum mengatur kehidupan setiap warga negara.
d. Melalui hukum akan tercipta ketertiban dan keamanan.

Cermati bacaan berikut untuk soal nomor 5-6
Kebakaran hebat terjadi pada hari Selasa malam, 27 Pebruari lalu, istana Pagaruyung, istana tiga lantai yang menjadi landmark Batu Sangkar yang terdiri gagah dengan II gonjong dan 72 tonggak itu hanya tinggal rangka beton. Dinding, atap dan semua ornamen kayu yang mendominasi istana berbentuk rumah gadang itu lenyap ditelan api.
Istana ini merupakan bukti sejarah pertama di Minangkabau. Orang Minangkabau. Orang Minang, termasuk bangsa Indonesia secara keseluruhan, mengalami kehilangan besar dengan peristiwa kebakaran itu. Istana yang selama ini menjadi ikon promosi pariwisata Indonesia itu tentu tak bisa diganti dengan uang sebanyak apa pun. Nilai sejarah yang ada di dalam Istana kebanggaan orang Minang ini sangat berarti.
5. Paragraf pertama pola pengembangannya adalah … .
a. Narasi c. Eksposisi
b. Deskripsi d. Argumentasi

6. Pertanyaan yang tak sesuai paragraf kedua …
a. Bukti sejarah kerajaan pertama di Minangkabau adalah Istana Pagaruyung.
b. Bangsa Indonesia mengalami kehilangan besar karena istana Pagaruyung terbakar.
c. Istana Pagaruyung menjadi ikon promosi pariwisata Indonesia sebelum terbakar.
d. Nilai sejarah yang ada di dalam istana Pagaruyung cukup berarti.

9. Dengan ditemukannya sumber minyak terbesar se-Asia, di Desa Mojodelik, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, kebutuhan minyak nasional akan terpenuhi. Pasalnya, kandungan minyak yang terdapat di sumur Banyuurip diperkirakan lebih dari 250 juta barel, dengan tingkat produksi mencapai 165 ribu barel / hari. Namun, rencana pengembangan lapangan blok Cepu diperkirakan akan dilaksanakan tiga tahun mendatang. Hal itu terjadi karena sampai saat ini pembebasan lahan untuk pengembangan
sumur minyak dan gas di sumur Banyuurip dan Jambaran baru selesai disosialisasikan.
  (Sumber : Warta Bojonegoro
  Edisi 101/Agustus 2007 : 12)
Paragraf tersebut yang menggunakan pertentangan adalah kalimat ke … .
a. 1         c. 3
b. 2        d. 4
7. Pertandingan sepakbola yang diselenggarakan di Stadion Sudirman kemarin berlangsung seru. Kedua kesebelasan saling melancarkan serangan. Bola tak pernah berhenti sedetik pun. Para pemain bermain cantik dan menarik. Kedua kesebelasan bermain bersih dan Fair play. Tak terlihat wasit mengeluarkan satu kartu pun dalam pertandingan tersebut
Ide pokok paragraf tersebut adalah … .
a. Pertandingan sepak bola berjalan seru.
b. Kedua kesebelasan saling menyerang.
c. Para pemain bermain cantik.
d. Wasit tidak mengeluarkan kartu.

8. Teks 1
Dalam sinetron terbarunya, Chelsea akan ditangani penyanyi dan pencipta lagu Melly Goeslaw. Chelsea memang bukan bintang biasa, kerja keras dan keinginannya yang tinggi untuk sukses membuahkan hasil sangat manis. Tidak heran kalau saat ini kariernya di dunia hiburan menanjak.

Teks 2
Karier artis muda, Allyssa Soebandono di kancah sinetron Indonesia semakin menanjak. Ia sudah membintangi beberapa judul sinetron yang cukup menyumbangkan rating tinggi untuk stasiun televisi. Namun, dia tetap saja belum puas dengan apa yang diraihnya.

Kesamaan informasi yang dibahasa dalam kedua teks terebut adalah … .
a. Profesi sebagai penyanyi
b. Karir sebagai penyanyi
c. Profesi penyanyi dan pesinetron
d. Karier artis yang menanjak.

9. cermatilah teks berikut !
(1) Peran pemerintah dalam rangka perwujudan kesejahteraan cukup strategis.
(2) Ini dibutuhkan pengenalan detal tentang keinginan, kebutuhan, dan hak-hak yang diperjuangkan rakyat.
(3) Selain itu. Dibutuhkan semangat membangun welfare state, negara kesejahteraan, bagi kepentingan sebagian besar warga.
(4) Mengingat kecenderungan umum kekuasaan selalu koruptif, perjuangan terus-menerus perlu dilakukan. Arah pemerintahan sudah realistis, yaitu penyelenggaraan negara diarahkan pada kesejateraan umum, melayani kepentingan publik, dan memberi prioritas kepentingan jangka panjang, di antaranya terpenuhinya hak-hak dasar manusia.
Bukti bahwa penulis berpihak pada pemerintahan, tergambar pada kalimat nomor …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (1) dan (5)
d. (2) dan (5)

14. Bacalah paragraf berikut degan seksama
Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk membantu menjaga metabolisme tubuh. Orang dewasa dianjurkan untuk tidur minimal delapan jam sehari. Itu berarti, orang tersebut akan menghabiskan sepertiga waktu hidupnya untuk tidur.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah … .
a. Kebutuhan manusia tentang tidur
b. Manfaat tidur bagi makhluk
c. Jumlah jam tidur bagi manusia
d. Waktu tidur setiap orang.

10. Cermati penggalan Tajuk Rencana berikut !
Indonesia Negara Kepulauan
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang ironis karena belum memiliki data pulau yang lengkap dan akurat. Peristiwa “hilangnya” Sipadan-Ligitan dari wilayah Nusantara menunjukkan betapa rendahnya perhatian pemerintah terhadap arti pentingnya data pulau di Nusantara. Sipadan-Ligitan sekaligus mengingatkan kembali bahwa negara ini merupakan negara kepulauan … .

Kalimat persuasif untuk melengkapi Tajuk Rencana tersebut adalah … .
a. Selayaknya kita bangga memiliki banyak pulau-pulau yang belum hilang seperti Sipadan-Ligitan.

b. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Indonesia mempunyai banyak pulau yang belum diberi nama.
c. Dengan demikian, setiap jengkal pulau dan perairannya adalah kekayaan negara yang harus dipertahankan.
d. Alangkah baiknya, semua rakyat Indonesia bersenjata lengkap untuk menghadang hal yang mencurigakan.

11. Menurut legenda, tradisi kaki lotus yang tak lagi dianut di Tiongkok saat ini, berawal sekitar seribu tahun lalu. (1) Saat itu ada seorang raja dari Dinasti Tang jatuh cinta kepada seorang penari yang membungkus kakinya dengan sepatu sutera mungil. (2) Oleh sebab itu, kalangan menengah ke atas di Tiongkok menganggap kaki mungil sebagai lambang keagungan. (3) Tradisi ini, tradisi mengikat telapak kaki, juga dilakukan oleh kalangan kelas bawah karena kalangan ini menganggap cara ini sebagai alat untuk meningkatkan kelas sosial mereka. (4) Maka tak berlebihan tradisi kuno di Tiongkok ini menjadi trend budaya kala itu (5).
Kalimat yang mengandung pola pengembangan akibat-sebab adalah kalimat ke … .
a. (1) c. (3)
b. (2) d. (4)

bacaan untuk nomor soal 17-18
Dr. Masaru Emoto, penulis buku yang berjudul Mukjizat Air, telah memotret ribuan kristal-kristal tersebut yang seindah dan serumit kristal yang terbentuk dari paparan kata “cinta dan syukur”. Jika diperhatikan keunikan air dalam membawa getaran-getaran kata tersebut, dapat membantu kita mencapai hidup lebih positif. Oleh sebab itu, penelitian Dr. Masaru Emoto inilah yang mampu menjembatani kehidupan manusia dengan kristalisasi air. Jadi dengan penelitian tersebut ia memperkenalkan dan menjelaskan konsep penting resonasi-saran penting untuk mengalirkan energi kehidupan.

12Kalimat yang menggunakan pengembangan persyaratan adalah kalimat ke … .
a. (1) c. (3)
b. (2) d. (4)

13. Penanda kesimpulan secara eksplisit ditandai dengan kata … .
a. Namun c. Oleh sebab itu
b. Jika d. Jadi

14. Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah …
a. Evy Ervianti.2007.Me, Him & Labuan Bajo . Surabaya : Airlangga University Press.
b. Evy Ervianti.Februari 2007.Me, Him & Labuan Bajo . Surabaya : Airlangga University Press.
c. Ervianti, Evi.2007.Me, Him & Labuan Bajo . Surabaya : Airlangga University Press.
d. Ervianti, Evy.Februari 2007.Me, Him & Labuan Bajo . Surabaya : Airlangga University Press.

15. Peringatan Hari Nasional (HPN) tahun ini, ternyata merupakan tahun emas bagi koran termuka kota ini. Wartawan tersebut mampu menjadi yang terbaik dan menjadi juara lomba foto HPN 2007. diharapkan kegiatan tersebut memberi
  untuk kehidupan masa depan cetak yang andal.
Jika kata-kata bernomor tersebut disusun menjadi kamus kecil, urutan yang benar adalah … .
a. 3-1-5-4-2 c. 3-4-5-1-2
b. 3-1-4-5-2 d. 3-5-1-4-2

21. Sebuah LSM lingkungan hidup mengajak masyarakat untuk menanam pohon pada hutan gundul dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan mencegah kerusakan lingkungan hidup.

Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah … .
a. Alamku, alammu, alam kita, mari selamatkan bersama.
b. Alamku, berseri, besok anak cucu bernyanyi sampai pagi.
c. Hutanku, kita manfaatkan bersama demi kelestarian hidup.
d. Hutanku berseri, alam pun akan menanti para petani.

16Perhatikan kalimat laporan kegiaan berikut !
(1) Dengan melibatkan banyak orang tersebut kegiatan dapa terlaksana meriah.
(2) Berdasarkan hal tersebut, OSIS SMP Merdeka Surabaya mengadakan lomba lari jarak jauh atau maraton.
(3) Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI, Pemerintah daerah mengharapkan adanya kegiatan yang positif.
(4) Kegiatan itu dapat diikuti ole banyak orang.

Susunan kalimat laporan yang sistematis menjadi bagian pendahuluan (latar belakang) adalah ….
a. (1) – (2) – (3) – (4)
b. (2) – (3) – (4) – (1)
c. (4) – (3) – (2) – (1)
d. (3) – (4) – (1) – (2)

17. Peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMP Tunas Muda tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain perlombaan bidang seni dan pertandingan olahraga. Dalam bidang seni dilombakan seni lukis, seni suara, dan seni tari. Dalam bidang olahraga diisi dengan pertandingan sepak bola, bola basket, bola voli, dan bulu tangkis. Masing-masing mata lomba disiapkan hadiah untuk juara I, II, dan III.
Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah …
a. Lomba Memperingati HUT Sumpah Pemuda Tahun ini.
b. Pertandingan Memperebutkan Juara dalam HUT Sumpah Pemuda.
c. Laporan Kegiatan SMP Tunas Muda Tahun 2005.
d. Laporan Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda.

18. Garuda Indonesia
Saya berangkat dari Los Angelos menuju Jakarta dengan Northwest Airlines pada 6 September 2005, serta transit di Tokyo dan Singapura. Pada tiket tertulis bagasi maksimum yang diizinkan per penumpang, dua potong dengan berat per potong 70 lbs (32 kilogram/kg) di tambah satu potong carry on luggage (kabin seberat 20 lbs (18 kg).
Waktu check in di Singapura, carry on luggage ditimbang oleh staf Garuda Indonesia di Singapura dan dinyatakan kelebihan berat (overweight) 12 kg karena carry on luggage yang diizinkan hanya 7 kg.
Bagaimana ini? Bukankah Garuda Indonesia bekerja sama dengan Northwest airlines sebagai penerbangan lanjutan yang ada hubungan kerja sama ? Peraturan yang ditetapkan seharusnya sama dengan maskapai sebelumnya. Jika memang ada perbedaan, seharusnya dicantumkan pada tiket.
Saya mohon perhatian dan tindak lanjut dari pihak-pihak terkait.
L. TJAHJONO
Alamat ada pada redaksi
Kompas, 7 Oktober 2005

Isi surat pembaca tersebut adalah … .
a. Keluhan penumpang terhadap staf Garuda Indonesia
b. Kritikan penumpang terhadap pelayanan pesawat Northwest Airlines.
c. Kekecewaan penumpang terhadap pelayanan bandar udara Singapura.
d. Penyelesaian penumpang karena telah naik pesawat Garuda Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..