Arsip !

Senin, 25 Oktober 2010

ANIMASI KARAKTER

VARIABEL-VARIABEL
PENDUKUNG KEBERHASILAN BELAJAR
SERI : I
ANIMASI KARAKTER

 Dalam perspektif masyarakat luas, Permasalahan prestasi belajar selalu dikaitkan dengan factor-faktor diantaranya ; seberapa besar Usaha siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar, atau seberapa pedulikah Orang tua/wali siswa/keluarga berperan dalam memberikan fasilitas dan motivasi belajar terhadap anak-anaknya. Kedua variable tersebut selalu dikatakan berbanding lurus, dengan kata lain Semakin Rajin seorang siswa itu belajar, maka prestasi belajar pastilah meningkat. Semakin tinggi tingkat kepedulian keluarga, maka prestasi belajar anaknya juga pasti meningkat.
 Dalam pandangan lain, sebenarnya seorang siswa ataupun seseorang memiliki faktor-faktor Kecerdasan yang kompleks ( General Skill ). Dalam diri seorang siswa terdapat 2 Faktor penting pendukung sukses belajar yaitu Faktor Eksternal ( dari luar pribadi siswa ) dan Faktor Internal ( dari dalam diri siswa ). Pada Kenyataannya Faktor Internal siswa jarang sekali dipertimbangkan dalam kaitannya dengan hasil prestasi siswa yang dicapai. Faktor internal yang dimaksud adalah : Konsep diri, motivasi diri/self motavation, kemandirian belajar, typologi/karakteristik. Seseorang, aktivitas yang monoton hingga timbul kejenuhan yang antiklimax, maupun unsur – unsur kejiwaan yang lainnya.
 Pada kesempatan Seri PERTAMA ini akan sedikit diinformasikan mengenai type-type/karakteristik seseorang/siswa, yang pada akhirnya nanti akan dapat digunakan untuk menjustifikasi atau sebagai bahan pertimbangan di dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan cara menempatkan unsur Internal siswa menjadi faktor yang seimbang dengan faktor eksternal siswa. Dengan mempertimbangkan dan memperhatikan type seseorang, maka diharapkan akan terdapat individu/siswa/seseorang yang dapat menemukan cara belajar, aktivitas kehidupan maupun profesi yang sesuai dengan bakat/typenya, dengan demikian keunggulan-keunggulan pribadi akan terwujud. Di bidang organisasi, sosial, masyarakat maupun pemerintahan juga akan tercipta The Right Man on the Right Place.....
 Menurul Prof. DAFE K. (Australia Barat), bahwa setiap Individu terlahir dengan dibekali oleh sang Pencipta dengan KARAKTER/Watak yang berbeda-beda.Kondisi perilaku dan kehidupan Sosial-lah yang menyebabkan Karakter asli itu tidak tampak, diibaratkan seperti Gunung yang terselimuti Salju.




  Kepribadian
  Karakter

1. Karakter dapat dipoles dengan penampilan Kepribadian.
2. Karakter Tidak dapat dirubah, pada kondisi tertentu akan nampak aslinya.
3. Kepribadian dapat dikondisikan sesuai dengan situasi dan keadaan sosial disekitarnya.
Selanjutnya Prof. DAFE K. mengelompokkan bahwa secara garis besarnya manusia terbagi atas 4 macam Karakter yang digambarkan dengan simbol Bangun.. Dengan mengadakan penelitian terhadap 10.000 Orang, ternyata diperoleh signifikansi dengan Deviasi 0,06 ( Cukup Signifikan ). Keempat Karakter sebut diantaranya :


1. BANGUN SEGI EMPAT :
  * KARAKTER POSITIPNYA ;
  1. Senang Berorganisasi / Eksterfet
  2. Terbuka terhadap segala Permasalahan
  3. Berjiwa Sosial yang tinggi.
* KARAKTER NEGATIPNYA ;
  1. Boros / Kurang dapat berjiwa Hemat.
  2. Kurang dapat menjaga Rahasia.
  3. Kurang Percaya Diri.
Apresiasi : Orang bertipe Segi empat sangat bagus untuk ; Organisatoris, Para Pimpinan Ormas, Leader di suatu lembaga/pejabat pemerintahan.
Tetapi kurang cocok untuk profesi security, fungsi intelegen, maupun Wira Usahawan.

2. BANGUN SEGITIGA :
  * KARAKTER POSITIPNYA ;
  1. Cenderung Cerdas
  2. Interfet / Agak Tertutup
  3. Berjiwa Tegas, berpendirian teguh.
* KARAKTER NEGATIPNYA ;
  1. Raja Tega / Jiwa Sosialnya Kurang
  2 Menggunting dalam Lipatan
  3. Mencari kesmpatan dalam kesempitan
Apresiasi : Orang bertipe Segi tiga sangat cocok untuk ; Pemimpin, Teknokrat, Profesi di bidang Intelegen, Wira Usahawan.
Tetapi kurang cocok untuk profesi di bidang Sosial, fungsi pelayanan publik, maupun di dunia intertaiment.

3. BANGUN ZIKZAK :
  * KARAKTER POSITIPNYA ;
  1. Kreatif / Banyak Gagasan ( Ide )
  2. Periang / Mudah Bergaul
  3. Supel / setia kawan
* KARAKTER NEGATIPNYA ;
  1. Tidak Punya Prinsip
  2. Mudah tertipu
  3. Plinplan

Apresiasi : Orang bertipe Zikzak sangat cocok untuk ; Wira Usahawan, Pelaku Pasar/Publik Relation, Profesi di sektor Riil ( Petani, peternak, tukang )
Tetapi kurang cocok untuk profesi di bidang Pemerintahan, fungsi pelayanan publik, maupun di dunia formal.


4. BANGUN LINGKARAN :
  * KARAKTER POSITIPNYA ;
  1. Suka bergaul / mudah berteman
  2. Memiliki Rasa kasih sayang 3. 3. Daya tarik sexualitas tinggi ( Suka Romastisme )
* KARAKTER NEGATIPNYA ;
  1. Tidak Fokus / Bertele-tele
  2. Tidak teguh pendirian / mudah goyah
  3. Mudah Bosan
Apresiasi : Orang bertipe Lingkaran sangat cocok untuk ; Profesi Entertainment, Wira Usahawan, Pelaku dunia pariwisata, dan Pelopor integritas sosisal, seni dan Olah Raga.
Tetapi kurang cocok untuk profesi di bidang Hankam, fungsi pelayanan publik, maupun di dunia formal.

 Demikian seri pertama dari factor-faktor Pendukung Keberhasilan Seseorang dengan merujuk pada pengenalan beberapa type seseorang. Pada seri berikutnya akan disajikan Macam-macam Gaya belajar, cara membimbing siswa dengan gaya belajar yang berbeda serta cara memberikan motivasinya. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih

 
  ( Sumber :Prof. DAFE K)


by:Edi Sutikno~, 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..