Arsip !

Selasa, 19 Februari 2019

LATIHAN SOAL BAHASA INDONESIA


1.    Bacalah paragraf berikut!
Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu air sungai di bawah tanah melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan reptilia, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling memengaruhi.
Disadur dari: kemdikbud,Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan.Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2013
Makna kata tercetak miring dalam teks tersebut adalah...
a.          bertelur                               c. berkaki
b.         bersisik                                d. melata

2.    Bacalah paragraf berikut!
Hutan bakau merupakan ekosistem pendukung utama kehidupan di wilayah pesisir. Selain sebagai habitat biota laut, hutan bakau berfungsi mengurangi dampak tsunami. Hutan bakau juga berfungsi untuk menahan tepian pantai atau pulau dari pengikisan ombak atau abrasi. Setiap pengrusakan hutan bakau sangat berpotensi terhadap berkurangnya luasan kawasan daratan akibat abrasi.
          Disadur dari: http://batampos.co.id/03-11-2015/selamatkan-hutan-mangrove/diunduh 3 November 2015
Kalimat tercetak miring tersebut mengandung makna...
a.     Pengrusakan hutan bakau mengurangi luasan laut
b.    Pengrusakan hutan bakau menahan pengikisan ombak
c.     Pengrusakan hutan bakau berakibat luasan laut bertambah
d.    Pengrusakan hutan bakau berakibat luas daratan bertambah

3.    Bacalah teks biografi berikut!
Ibu Soed bernama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio. Beliau seorang pencipta lagu anak-anak legendaris. Beliau mencipta 200 lebih lagu anak-anak. Tokoh musik tiga zaman (Belanda, Jepang, Indonesia) ini pertama kali mengumandangkan suaranya di radio NIROM Jakarta pada 1927. Ibu Soed juga mahir mengalunkan biola. Sebagai pemusik biola, beliau ikut mengiringi lagu “Indonesia Raya” ketika pertama kali didengungkan di Gedung Pemuda pada 28 Oktober 1928. Setelah menamatkan pendidikan di Kweekscholl, Bandung, Ibu Soed mengajar di HIS Petojo. Ibu Soed juga mendirikan sekolah wanita di Jepara dan Rembang. Di sana dia mulai mengajar anak-anak menyanyi. Dia prihatin melihat anak-anak Indonesia tampak kurang bahagia. Dia berpikir, untuk menyenangkan anak-anak itu dengan menyanyi.
          Disadurdari:http://www.tokohindonesia.com/biografi/article/285-ensiklopedi/1344-pencipta-lagu anak-anak,diunduh 3 November 2015
          Keistimewaan tokoh biografi tersebut adalah...
a.       Ibu Soed pencipta lagu anak-anak dan mahir mengalunkan biola
b.       Ibu Soed menamatkan pendidikan di Kweekschool, Bandung
c.       Ibu Soed prihatin melihat anak-anak Indonesia kurang bahagia
d.       Ibu Soed prihatin melihat anak-anak kurang pintar bernyanyi.

4.    Bacalah teks biografi berikut!
Bob Sadino seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis dalam bidang pangan dan peternakan. Ia pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek. Pakaian yang ia kenakan tersebut yang menjadi ciri khasnya. Ia pernah bekerja di Djakarta Lylod di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indonesia. Bob lalu bekerja di sebuah perusahaan. Setelah beberapa lama, Bob memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Ia memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri.
          Sifat yang dapat diteladani dari tokoh tersebut adalah....
a.       Bob Sadino memiliki bisnis di bidang pangan dan peternakan
b.       Bob Sadino memiliki pengalaman tinggal dan bekerja di luar negeri
c.       Bob Sadino memiliki tekad untuk bekerja secara mandiri
d.       Bob Sadino suka mengenakan kemeja lengan pendek dan celana pendek

5.    Bacalah data buku berikut ini!
Judul               : Proses Kreatif Menulis Cerpen
Penulis           : Hermawan Aksan
Penerbit        : Nuansa, Bandung
Cetakan          : 1, 2011
Jumlah halaman: 216 hlm
Data tersebut merupakan bagian...
a.          Identitas buku  c. Keunggulan buku
b.         Sinopsis buku   d. Kelemahan buku

6.    Bacalah paragraf berikut!
Terumbu karang adalah sekumpulan polip hewan karang yang bersimbiosis dengan zooxanthellae (alga bersel satu yang hidup di polip karang). Pada umumnya, orang mengira bahwa karang adalah sejenis batu atau tanaman. Namun, karang sesungguhnya merupakan bangunan yang terbentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut polip. Hewan tidak bertulang belakang ini berbentuk seperti tabung. Di bagian atas mulutnya dikeliling tentakel (tangan-tangan) yang siap memangsa plankton.
Disadur dari: AdhyaksanDault, Pemuda dan Kelautan Terumbu Karang,Yogyakarta,Citra Aji Parama,2009
          Gagasan utama paragraf tersebut adalah...
A.      Tempat hidup terumbu karang
B.      Makanan pokok terumbu karang
C.       Sistem pernapasan terumbu karang
D.      Struktur tubuh terumbu karang

7.    Bacalah paragraf berikut!
1)   Perdagangan luar negeri berperan penting untuk menciptakan penggunaan sumber daya secara efisien. 2) Setiap negara akan memproduksi barang keunggulannya. 3) Negara yang memproduksi barang unggulannya akan memiliki keungulan berlipat.4) Keuntungan berlipat ini dapat meningkatkan pendapatan nasional.
Disadur dari: kemdikbud, bahasa indonesia Ekspresi Diri dan Akademik, Jakarta ,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2013
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor...
a.       1               b. 2         c. 3         d. 4

8.    Bacalah paragraf berikut!
Banyak masyarakat miskin hidup kekurangan. Harga kebutuhan pokok yang terus meroket membuat mereka semakin terimpit. Diantara masyarakat tersebut ada yang tidak dapat bertahan dengan kondisi ekonomi yang mereka hadapi. Kondisi tersebut memunculkan pemikiran yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.
      Hampir setiap hari terjadi peristiwa pencurian dan perampokan. Peristiwa ini menggejala di beberapa daerah. Sebagian besar oknumnya tergolong masyarakat miskin. Kejadian tersebut turut andil dalam peningkatan kriminalitas di Indonesia.
Simpulan paragraf tersebut adalah...
a.     Pencurian dan perampokan dapat menjadi solusi kemiskinan
b.    Masyarakat miskin mudah memperoleh uang dengan merampok
c.     Kondisi ekonomi masyarakat miskin mendorong pencurian dan perampokan
d.    Hampir setiap hari masyarakat miskin melakukan pencurian dan perampokan.

9.    Bacalah paragraf berikut!
Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan.
Banyak orang lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri daripada minuman tradisional. Keadaaan tersebut disebabkan minuman kemasan ala luar negeri lebih mudah didapatkan daripada minuman tradisional. Minuman tradisional hanya dapat dijumpai di tempat dan pada acara tertentu. Diperlukan pengenalan lebih jelas jenis minuman tradisional kepada masyarakat, khususnya remaja Indonesia.
          Disadurdari:http//dodonjerry.blogspot.com/2013/03/pilih-makanan-tradisional-atau-modem.html,diunduh 30 oktober 2015
Kalimat berikut yang merupakan tanggapan positif terhadap isi bacaan adalah...
a.       Sebaiknya produksi minuman tradisional dihentikan karena tidak laku dijual dan menggunakan bahan pengawet.
b.       Selain minuman ala luar negeri lebih murah, minuman ala luar negeri lebih mudah didapat.
c.       Sebaiknya Pemerintah mempromosikan minuman tradisional agar tidak kalah bersaing dengan minuman ala luar negeri.
d.       Sebaiknya Pemerintah menghentikan peredaran bahan pengawet untuk pembuatan minuman tradisional.

10.Cermati kutipan berikut!
Di berbagai daerah masalah sosial berkembang sangat cepat. Masalah sosial tersebut tidak hanya persoalan anak jalanan. Penyandang disabilitas, dan lanjut usia telantar. Saat ini konflik sosial, tindak kekerasan dalam keluarga dan anak mulai berkembang dalam masyarakat. Penanganan masalah sosial tersebut tidak bisa hanya pendekatan reaktif, tetapi harus terencana dan ditunjang tenaga terlatih.
          Disadurdarihttp//www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/05/04/n51981-penanganan-masalah-sosial-harus-terencana,diunduh 30 oktober 2015
          Tanggapan negatif berdasarkan kutipan tersebut adalah...
a.     Menurut saya, penanganan berbagai masalah sosial sangat ditentukan oleh tenaga andal dan kompeten.
b.    Menurut saya, masalah sosial yang terjadi tidak bisa diatasi hanya dengan memiliki tenaga andal dan kompeten.
c.     Menurut saya, masalah sosial tersebut merupakan tanggung jawab semua puhak baik Pemerintah maupun masyarakat.
d.    Menurut saya, solusi masalah sosial yang terjadi saat ini tergantung sikap masyarakat menghadapi perubahan zaman.

11.Cermati kutipan berikut!
Desa Liang Ndara terletak di Kecamatan Mbeliling, Manggarai Barat. Pulau Flores, Nusa Tenggarai Timur. Desa Liang Ndara merupakan salah satu desa di Flores memiliki potensi wisata. Saat berkunjung di Desa Liang Ndara, pengunjung terkesima menonton pertunjukkan tari Caci. tari caci menjadi daya  tarik utama dari Desa Liang Ndara. Tarian tradisional ini hanya dapat ditemukan di Desa Liang Ndara.
Tari Caci merupakan adu ketangkasan yang dilakukan oleh dua orang laki-laki dengan menggunakan cambuk dan perisai. Setiap penari akan mencambuk dan menangkis secara bergantian. Nama “Caci” yang digunakan untuk tarian ini bermakna satu orang yang melawan satu orang lainnya. Tari Caci tidak hanya sekadar tarian perang-perangan, tetapi perpaduan unik antara gerak tubuh, pakaian, dan ketangkasan.
Disadurdari:http//travel.kompas.com/read/2015/10/31/082700927/Desa.liang.Ndara.Destinasi.Wisata.Menarik.di flores,diunduh 31 oktober 2015
Ringkasan tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah...
a.     Tari Caci, merupakan potensi wisata di Desa Liang Ndara. Tarian ini menggabungkan antara gerak tubuh, pakaian, dan ketangkasan
b.    Desa Liang Ndara wajib dikunjungi wisatawan. Desa Liang Ndara memiliki potensi wisata yang tidak bisa ditemukan di daerah lain.
c.     Wisatawan terpakau dengan pemandangan alam di desa. Wisatawan juga tertarik menonton pementasan tari Caci. Tarian yang hanya ada di Desa Liang Ndara.
d.    Desa Liang Ndara memiliki ragam budaya unik. Salah satunya tarian tradisional yang memadukan gerakan tubuh, pakaian, dan ketangkasan



12.  Perhatikan dua kutipan berikut!
Teks I
                Cengkih atau eugenia-carllophulinta merupakan tanaman asli dari kepulauan Maluku. Kuncup bunga yang belum terbuka disebut rempah. Kuncup bunga cengkih berbentuk paku. Jika sudah dikeringkan, cengkih digunakan sebagai campuran tembakau.
           Dikutip dari: uji Darmawati, Ensiklopedia Bahasa dan Sastra Indonesia Ragam Teks. Klaten .intan Pariwara 2014


Teks II
Jumlah populasi penduduk menjadi tantangan Pemerintah untuk menjaga produktivitas pertanian dalam negeri. Area pertanian semakin berkurang. Padahal saat ini Indonesia membutuhkan pangan dua kali lipat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pemerintah dan pemangku kepentingan di bidang pangan perlu memanfaatkan teknologi agar terjadi peningkatan produktivitas pertanian.
Disadurdari:http://sp.beritasatu.com/home/jk-jumlah-penduduk-jadi-tantangan-produktivitas-pertanian/99001.diunduh 31 oktober 2015
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...


Teks I
Teks II
A.
Bahasa mudah dipahami
Bahasa berbelit-belit
B.
Menggunakan kosakata baku
Menggunakan kosakata tidak baku
C.
Pilihan kata ilmiah
Pilihan kata populer
D.
Penggunaan kalimat tidak efektif
Penggunaan kalimat efektif

13.Perhatikan kutipan berikut!
Buku Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman berisi pemikiran-pemikiran Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang telah tiada. Pemikiran-pemikiran beliau yang dituangkan dalam buku tersebut akan terus hidup dan relevan sebagai acuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Buku ini diterbitkan untuk mengenang jasa-jasa Gus Dur, sang guru bangsa. Selama hidup, dalam kiprah sosial dan politiknya, Gus Dur dikenal sebagai tokoh kontroversial. Pemikiran –pemikiran Gus Dus disampaikan dalam bahasa sederhana sehingga mudah dipahami pembaca.
Pembaca akan paham bahwa Gus Dur, sosok yang memiliki wilayah jelajah pemikiran teramat luas, komplek dan multidimensional.
Disadurdari:http://www.bukukita.com/Biografi-dan-Memoar/memoar/76548-Gus-Dur-Menjawab-Perubahan-Zaman.html.diunduh 2 November 2015
Kalimat resensi berupa keunggulan buku berdasarkan paragraf tersebut adalah...
a.       Buku Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman sebagai acuan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
b.       Buku Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman menggunakan kalimat berbelit-belit dan sulit dipahami pembaca
c.       Pemikiran-pemikiran Gus Dur dalam buku Gus Dur menjawab Perubahan Zaman disampaikan dalam bahasa sederhana.
d.       Pemikiran-pemikiran Gus Dur dalam buku Gus Dur Menjawab Perubahan Zaman sangat kontroversial

14.Perhatikan kutipan cerpen berikut!
         Di saat berlari-lari seperti itu tiba-tiba dia tersungkur. Kepalanya membentur bangku taman. Sambil memekik kesakitan ia memegang kepalanya. Matanya berkunang-kunang. Mungkin obsesi masa kecilnya yang begitu mendalam yang akhir-akhir ini muncul menguasai dirinya, seketika dalam sempoyongan yang berkunang-kunang beterbangan di sekitarnya.
          Dikutip dari:Hamsad Rangkuti,”Kunang-kunang”dalam pelajaran Mengarang,Jakarta.Kompas 1993
      Makna kata bercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
a.          Perasaan yang merasuki pikiran.
b.         Keinginan untuk memiliki sesuatu.
c.          Keinginan untuk berbuat sesuatu.
d.         Perasaan yang ada di masa lalu.

15.Perhatikan kutipan cerpen berikut!
          Akhirnya, usaha kura-kura mendapatkan imbalan. Ia berhasil memanjat pohon. Semua binatang lain di hutan terkejut melihat kura-kura di atas pohon.
          Kura – kura telah berhasil memanjat pohon”, gajah mengumumkan. Tupai merasa gusar dan meninggalkan tempat itu dengan rasa malu.
Dikutip dari:Didik Djunaidi,kura-kura pemanjat pohon,bekasi,Cahaya Pustaka Raga,2008
Makna kata gusar dalam kutipan cerita tersebut adalah...
a.       gelisah                   c. resah
b.       sedih                       d. marah

16.Perhatikan kutipan cerpen berikut!
1)Sambil menggerutu tidak senang. Saya mengambil alih obor dari tangannya. 2) kami lalu berjalan sepanjang galengan besar di areal persawahan beberapa puluh meter setelah melewati kebun dan kolam gurami di belakang rumahnya. 3) Dari kejauhan, terlihat beberapa titik cahaya obor milik para pencari jangkrik selain kami. 4) Rasa hati jadi tenang. 5) Musim kemarau, tanah persawahan yang pecah-pecah, gelap yang nyata ditambah angin bersiuran di areal terbuka memang memberikan sensasi aneh. 6) saya merasa tidak berani berada di sana sendirian.
“Seragam “karya A.K Basuki
Dikutipdari:http://cerpenkompas.wordpress.com/2012/08/12/seragam,diunduh 3 november 2015
Latar waktu malam hari pada kutipan cerpen tersebut ditunjukkan nomor...
a.     1) dan 2)                c. 3) dan 4)
b.    1) dan 3)                d. 5) dan 6)

17.Perhatikan kutipan cerita berikut!
Towjatuwa tidak kenal lelah. Ia yakin dapat menemukan batu tajam untuk membantu operasi kelahiran anaknya. Ketika sedang mencari batu tajam, Towjatuwa mendengar suara aneh di belakangnya. Alangkah terkejutnya Towjatuwa ketika ia melihat seekor buaya besar di depannya. Ia ketakutan dan hampir pingsan. Saat Towjatuwa hendak melarikan diri, buaya itu menyapanya dengan ramah. Buaya itu bertanya, ”Apa yang sedang kamu lakukan?” Towjatuwa pun menceritakan keadaan istrinya. Buaya ajaib ini pun berkata:”Tidak usah khawatir, saya akan datang ke rumahmu nanti malam. Saya akan menolong istrimu melahirkan.”
          Dikutip dari: Hesti Puji Rastuti,”Buaya Ajaib”dalam Kumpulan Cerita Rakyat,Yogyakarta,Citra Aji Parama,2007
          Watak Towjatuwa dalam kutipan cerita tersebut adalah...
a.       Peduli sesama
b.       Gundah gulana
c.       Pantang menyerah
d.       Rendah diri

18.Perhatikan kutipan cerpen berikut!
“Tak seorang pun tahu kapan sendang itu dibuat. Tak seorang pun tahu kapan beringin itu ditanam. Tak seorang pun tahu kapan dan dari mana ikan-ikan itu datang. Ketika para wali hidup, sendang itu sudah seperti sekarang ini. Para wali sering datang dan bersembahyang disini. Kalau kebetulan beliau-beliau sedang dalam perjalanan tentulah tak lupa menjenguk sendang kita ini. Dan hampir semua Raja Jawa datang untuk mencari ketenangan batin.”
Dikutip dari:Kuntowijoyo,”ikan-ikan dalam sendang”dalam dilarang Mencintai Bunga-bunga,Jakarta,Firdaus,1996
Makna simbol dari kata sendang dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
a.       Sendang dipercaya sebagian orang sebagai tempat suci.
b.       Sendang dipercaya dapat mendatangkan ketenangan
c.       Sendang memiliki sumber air dan ikan secara ajaib
d.       Sendang merupakan mata air jernih dari dunia gaib

19.Cermati kutipan cerpen berikut!
   Butir butir padi dan padi muda itu pun sampai di tangan permaisuri lewat penasihat raja. Permaisuri pun menyantap butir padi dan bulir padi yang belum matang.
   “Butir padi yang masak ini ternyata lebih enak daripada yang masih muda, ”demikian kata permaisuri kepada sang raja dan penasihat.
   “Kalau begitu, mulai sekarang kita perlu padi. Penasihat, suruhlah rakyat kerajaan Pipit ini untuk mencari bulir-bulir padi yang sudah masak di sawah petani, ”perintah Raja Pipit Merah kepada penasihatnya.
Dikutip dari:Hesti Puji Rastuti,”Kisah Pipit Merah dan Bulir Padi”dalam Kumpulan Cerita Rakyat,Yogyakarta,Citra Aji Parama 2007
Makna simbol dari kata padi dalam kutipan cerita tersebut adalah...
a.       Padi sejenis biji-bijian yang ditanam petani.
b.       Padi sumber makanan bagi makhluk hidup.
c.       Padi berwarna kuning jika sudah siap panen.
d.       Padi tanaman utama petani di Indonesia.

20.Cermati kutipan cerpen berikut!
Tiba tiba saya berdiri, buku saya biarkan di meja. Erat-erat saya memegangi perut. Melapor pada guru dengan menahan-nahan.
“Perut saya,Pak”
“Sakit ?”
Saya menggangguk.
“Pergilah pada Pak Bon. Minta air Panas!”
“Saya mau ke kali, Pak”
   Saya pun menyerobot ke luar. Lepas dari sekolah. Setelah sedikit jauh dari sekolah, saya menarik napas lega.
   Saya langsung ke sungai. Air sungai kemilau oleh matahari. Batu menonjol di permukaan. Di salah satu batu itu duduklah Romli. Ke sanalah saya pergi. Saya bersiul panjang. Ia menoleh melambaikan tangan menyuruhku turun....
   Hari ini saya menjadi pemancing pertama kali seumur hidup.
Dikutip dari:kuntowijoyo,”Mengail ikan di sungai”dalam dilarang Mencintai bunga-bunga,Jakarta,Pustaka Firdaus,1996
Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah...
a.       Seorang anak mengajak temannya membolos.
b.       Memancing di sungai sangat menyenangkan.
c.       Memancing memerlukan kesabaran yang besar.
d.       Seorang anak membolos karena ingin memancing.
21.Cermati cerita berikut!
   Seekor keledai beristirahat dalam jangka waktu cukup lama dan banyak menerima makanan. Ia merasa sangat kuat, berjingkrak-jingkrak dengan angkuh, dan mengangkat kepalanya tinggi-tinggi.
   “Ayah, aku pasti dahulu kuda balapan” katanya. “Aku bisa merasakannya dengan jelas.”
   Hari berikutnya, majikannya mulai memperkerjakannya dengan keras. Malam harinya ia menjadi kecapaian dan sedih.
   “Aku salah, Ayah. Aku hanyalah seekor keledai,”katanya
Dikutip dari:http://.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/kedelai-yang-pongah-150,diunduh 3 november 2015                  
Isi tersirat kutipan cerita tersebut adalah...
a.       Keledai memberi bantuan kepada teman
b.       Keledai sombong atas dirinya sendiri
c.       Keledai mematuhi nasihat dari orang lain
d.       Keledai terpengaruh oleh bujukan orang lain

22. Perhatikan kutipan cerpen berikut!
   Rapat panitia sore ini mendapat kehormatan dihadiri Menteri Kehutanan, Menteri Lingkungan Hidup, dan beberapa dirjen. Semua manggut-manggut dan sepakat, bahwa perhelatan Bos Besar ini harus didukung secara politis dan ekonomis. Wartawan yang mengendus berita   kontroversi ini segera mem -blow up-nya di media masing-masing.
   “Ini sudah keterlaluan. Tidak bisa dibiarkan. Kita harus gerak!” teriak seorang aktivis lingkungan di depan para mahasiswa pecinta alam UI.
   “Gila memang, beberapa teman kita ternyata ada yang membelot ikut jadi panitia,”kata seorang seniman di warung Alex di TIM.
   Demo menentang resepsi pernikahan di Alun-alun Suryakencana itu berlangsung seru. Koran dan televisi gencar mengekspos. Tokoh demonstran tampil dalam wawancara eksklusif. Pengantin laki-laki dan perempuan juga diuber infotainment. Tetapi mereka berdua menghilang.
Dikutip dari:F.Rahardi,”Alun-alun Suryakencana” dalam http://cerpenkompas.wordpress.com/tag/rahardi/diunduh 3 November 2015
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah...
a.       Bos Besar memberikan suap bagi orang yang tidak mendukungnya.
b.       Para pejabat sepakat dengan keputusan yang diambil Bos Besar.
c.       Calon pengantin (anak Bos Besar) tidak memberikan klarifikasi yang jelas.
d.       Bos Besar akan mengadakan resepsi pernikahan di Alun-alun Suryakencana.

23. Cermati cerita berikut !
          Ia menoleh ke sekililing dan melihat banyak kerikil. Elang pergi ke sana dan mengambil satu dengan paruhnya. Lalu memasukkan kerikil tersebut ke dalam guci. Air itu sedikit naik. Elang kembali dan membawa batu lainnya, hingga air makin meninggi. Elang terus memindahkan batu dan memasukkan dalam guci. Sedikit demi sedikit, air itu naik hingga akhirnya elang dapat mencapainya. Kemudian, Elang memimumnya dengan puas.
Dikutip dari: Abd Fattah Shobri dan Ali Umar,”Elang dan Guci” dalam Elang dan Guci,yogyakarta.pustaka insan madani 2008
Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah...
a.       Elang ingin mengukur kemampuannya.
b.       Elang belajar memindahkan kerikil.
c.       Elang kehausan dan ingin minum air.
d.       Elang berjuang keras memindahkan guci.


24.  Perhatikan kedua kutipan cerpen berikut!
Kutipan I
          Hujan turun begitu deras saat bunda pergi ke dalam pelukanNya. Air mata tidak bisa berhenti mengalir seperti hujan yang tidak henti jatuh. Aku melihat wajah bunda tersenyum damai. Aku terus menatap mata bunda, mata yang selalu membuat diri ini tersenyum. Akan tetapi, senyumanku sekarang terkunci rapat. Hanya tangisan dan teriakan yang menyebut “Bunda”. Seseorang yang tidak asing lagi datang menghampiriku. Seseorang yang dahulu menggoreskan luka di hatiku dan yang lebih menyakitkan di hati bunda. Seseorang itu adalah Ayahku sendiri yang meninggalkan kami di saat bunda sedang sakit
Kutipan II
          Dan melihat di puncak bukit Kuwuk, Tati berdiri berpakaian putih dengan pita merah di rambut dan ikat pinggang merah melilit pinggangnya. Ia menari-nari kegirangan, di tangannya sebuah batu tulis.
          “Mas Jon! Mas Jon!” serunya
          “Yaa!” seruku kembali tapi tak bersuara.
Dan aku merangkak terus. Tari sudah dekat.
          “Aku sekolah, Mas jon! Aku sekolah”.
          “Tati! Tati!” Aku panggil dan belai namanya.
Dan aku sampai kepadanya ditempat ini. Dan aku tidur dengan senyum lega, Tati sudah sekolah.
          Matahari sudah mulai condong ke barat.
Aku berdiri dan menepuk debu dari pantat celanaku.
          “Engkau boleh senyum lega, Jon,”kataku kepada makam. “Tati sudah kelas tiga sekarang.” Dan  aku berjalan menuruni bukit disambut oleh bocah kecil yang lahir ketika Jon meninggal.  Kepalanya bulat lucu. Dia tersenyum juga. Senyum zaman yang penuh harapan.
Dikutip dari: Nugroho Notosusanto,”Senyum” dalam hujan kepagian,jakarta,balai pustaka 2011

Perbedaan pengembangan alur pada kedua kutipan cerpen tersebut adalah...

Kutipan I
Kutipan II
A.
Alur maju
Alur campuran
B.
Alur sorot balik
Alur maju
C.
Alur maju
Alur sorot balik
D.
Alur campuran
Alur maju

25. .Perhatikan kutipan berikut!
          Novel Marmut Merah Jambu (MMJ) ditulis oleh penulis muda berbakat, Raditya Dika Nasution. Selain MMJ, Raditya telah menerbitkan novel di antaranya Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, dan Radikus Makan Kakus. Raditya pandai menggunakan kata dan anak muda) akan kesulitan memahami gaya bahasa. Penggunaan kata Raditya sangat mengena, walaupun kata-kata tersebut terkesan slenge-an. Anak muda mudah memahami kata-kata slenge-an tersebut. Namun, bagi pembaca (bukan dari kalangan penggunaan bahasa gaul atau kata-kata slenge-an tersebut.
   Novel MMJ diterbitkan tahun 2010 oleh penerbit Bukune. Cerita dalam MMJ merupakan pengalaman pribadi penggarang saat SMP sehingga membuat pembaca merasa terbawa dalam jalan cerita. Pembaca ikut merasakan pengalaman sang pengarang. Novel ini juga dapat memberi motivasi kepada para pembaca untuk menuangkan pengalaman-pengalaman pribadi mereka ke sebuah novel atau cerita.
Dikutipdari:http://herunorton.wordpress.com/2014/06/09resensi-novel-marmut-merah-jambu/diunduh 4 november 2015
Kalimat resensi berupa keunggulan novel berdasarkan paragraf tersebut adalah...
a.       Novel Marmut Merah Jambu ditulis Raditya Dika Nasution dan diterbitkan oleh penerbit Bukune pada tahun 2010.
b.       Novel Raditya Dika Nasution menggunakan kata-kata dan gaya bahasa slenge-an yang mudah dipahami anak muda.
c.      Pengalaman pribadi Raditya saat SMP dan SMA tertuang dalam novel Marmut Merah Jambu.
d.       Gaya bahasa unik dituangkan Raditya dalam karya-karyanya, termasuk novel Marmut Merah Jambu.

1 komentar:

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..