Arsip !

Senin, 04 Oktober 2010

Latihan Soal Bahasa Indonesia

Cermatilah teks berikut, untuk menjawab soal no 1 s.d 5 !

Berakhir, Tugas Phoenix Si Penjelajah Mars
Misi Phoenix Mars Lander di Planet Merah Mars, telah berakhir. Pesawat canggih yang di-launching Agustus 2007 itu adalah pesawat tanpa awak yang mendarat di Mars pada 2 November 2008. Phoenix Mars Leader dinyatakan mati pada tanggal 25 Mei karena putus komunikasi dengan stasiun pengendalinya di bumi. Barry Goldstein, project manajer misi Phoenix pada Jet Propulsion Laboratory ( JPL ) NASA di Pasadena, California, mengatakan bahwa power Phoenix mati akibat badai debu hebat yang melanda Mars.
Dalam misi penjelajahannya, Phoenix berhasil merekam jejak – jejak air, butiran salju dan lempengan es di Mars. Phoenix menemukan pula bahwa susunan kimia debu Mars mirip dengan air laut di bumi. Bahkan, Phoenix juga sempat menyentuh dan mencicipi air di permukaan Mars. Selain itu, Phoenix sudah mengirimkan sedikitnya 25.000 gambar ke bumi. Kegiatan inilah yang menguntungkan Nasa. Masyarakat dunia juga bisa tahu keberhasilan NASA, tak terkecuali negara berkembang dan negara maju bisa mendapatkan dampak dari peristiwa ini.
Dengan berakhirnya misi Phoenix, NASA hanya tinggal mempunyai dua pesawat penjelajah Mars yang masih bertahan di sekitar atmosfer bumi, yakni Spirit dan Opportunity. Keduanya tiba di Mars secara bergiliran pada Januari 2004. Sementara, jumlah satelit yang mengorbit Mars ada tiga. Ketiganya adalah Mars Reconnaissance Orbiter, Mars Odyssey, dan European Space Agency’s Mars Express.
( Sumber : Rtr/CNN/hep/ttg [ Rabu, 12 November 2008 ] )


1. Gagasan utama tajuk tersebut adalah .....
a. Misi Phoenix Mars Lander telah berakhir dalam mencari data di Planet Mars
b. Phoenix Mars Lander mempunyai fungsi yang berkaitan dengan tujuan NASA
c. NASA mempunyai tiga pesawat yang masih aktif menjelajah Planet Mars
d. NASA mempunyai alternatif pesawat lain untuk mendata di Planet Mars


2. Kalimat Fakta pada tajuk tersebut .....
a. Phoenix Mars Lander di Planet Mars pada 25 November 2008 telah mati
b. Pesawat canggih Phoenix Mars Lander di Planet Mars telah berakhir
c. Dalam misinya, Phoenix berhasil merekam jejak – jejak air, butiran salju
d. NASA di Pasadena, California, mengatakan power Phoenix mati

3. Dari tajuk tersebut diketahui bahwa penulis berpihak pada .....
a. Planet Mars c. NASA
b. Negara berkembang d. Negara maju

4. Kata – kata kajian dalam wacana tersebut kecuali .....
a. di-launching c. project manager
b. power d. mati


5.
Singa Podium

Kalian tentu sangat mengenal tokoh di samping ini. Ya, beliau adalah Sang Proklamator RI, Ir. Soekarno. Selain sebagai pendiri bangsa, Pak Karno juga dikenal sebagai “ singa podium “, yaitu orang yang sangat piawai dalam berbicara di depan massa atau berpidato. Ketika sudah berpidato di atas podium, seolah beliau mampu menyihir hadirin untuk tidak beranjak dari tempat duduknya meski di bawah terik matahari atau hujan rintik.

Isi bacaan tersebut adalah .....
a. Ir. Soekarno adalah tokoh terkenal
b. Ir. Soekarno adalah proklamator
c. Ir. Soekarno sangat piawai berpidato
d. Ir. Soekarno mampu menyihir hadirin

Cermatilah teks berikut, untuk menjawab soal no 6 s.d 7 !

Teks I :
Panik melanda Unit Gawat Darurat ( UGD ) Mount Sinai Medical Center, Manhattan, New York pada hari Rabu, 21 Januari 2009, bukan karena kebanjiran pasien, tetapi lokasi tersebut dilalap api. Enam petugas pemadam kebakaran cedera saat berusaha memadamkan api. Menurut saksi mata, si jago merah muncul dari lantai dua ruang mekanik rumah sakit tersebut. Petugas pun mengevakuasi pasien dari lantai tiga hingga lantai sebelas, tak kurang 600 pasien dievakuasi, beruntung tidak seorang pun pasien yang terluka akibat kebakaran ataupun proses evakuasi.
( Sumber : Jawa Pos, Jum’at 23 Januari 2009 dengan perubahan )

Teks II :
Setelah berupaya sepuluh jam, PMK berhasil memadamkan kobaran api di Depot BBM Plumpang, Jakarta, pada hari Selasa, 19 Januari 2009. Peristiwa tersebut berawal saat pengisian bensin melalui pipa dari kapal di Tanjung Priok ke tangki 24 Depot Plumpang. Pada pukul 21.20 WIB, ada ledakan pada tangki 24 tersebut sehingga membakar seluruh tangki 24. Upaya pembersihan disekitar titik api pada tangki 24 ternyata menemukan korban tewas. Korban tewas tersebut diidentifikasi ternyata Zaenuddin , 25, petugas keamanan Pertamina.
( Sumber : Jawa Pos, Selasa, 20 Januari 2009 dengan perubahan )

6. Kesamaan informasi pada kedua teks berita tersebut adalah .....
a. Korban kebakaran c. Kelihaian petugas
b. Sebab – sebab kebakaran d. Waktu peristiwa

7. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah .....
 Teks I Teks II
a. apa – kapan – dimana – mengapa apa – siapa – bagaimana – mengapa
b. siapa – mengapa – kapan – apa mengapa – bagaimana – apa – kapan
c. apa – berapa – mengapa – bagaimana apa – mengapa – kapan – bagaimana
d. siapa – apa – bagaimana mengapa – siapa – bagaimana

Cermatilah teks berikut, untuk menjawab soal no 8 s.d 9 !
Kapal pesiar adalah perahu layar atau kapal kecil yang sangat baik digunakan untuk rekreasi pada waktu luang. Kapal tersebut ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin. Kapal layar bermesin yang lebih terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang – orang yang kaya untuk berpesiar.

8. Gagasan utama teks tersebut adalah .....
a. Kapal pesiar sangat baik digunakan untuk rekreasi.
b. Kapal pesiar beraneka jenis, umumnya dua jenis.
c. Macam – macam kapal pesiar dan manfaatnya.
d. Kapal layar digunakan oleh orang kaya untuk berpesiar.

9. Kalimat berisi fakta pada paragraf tersebut kalimat ke- .....
a. ( 1 ) c. ( 3 )
b. ( 2 ) d. ( 4 )

10. Ilmuwan Eropa mengaku terkejut bila mendapati lapisan di kutub utara di beberapa area mencari. Dari foto satelit yang diperoleh Badan Luar Angkasa Eropa (ESA) 23 – 25 Agustus lalu, lapisan es yang mencair luasnya lebih besar dari pulau – pulau Inggris.
Perennial Ice, lapisan es abadi yang mestinya tidak mencair meski kutub utara mengalami musim panas, terlihat lenyap dari wilayah Svalbard, kepulauan yang terletak antara Norwegia dan Kutub Utara, hingga kutub utara yang masuk wilayah Rusia. “Hasil seperti ini tidak pernak muncul dalam penelitian sebelumnya,” ujar Mark Drinkwater dari ESA’s Oceans/Iceunit.
Kalimat berisi fakta pada informasi tersebut adalah ….
a. Ilmuwan Eropa terkejut bila mendapati lapisan di kutub mencair lebih besar dari pulau Inggris.
b. Dari foto satelit diperoleh Badan Luar Angkasa Eropa 23 – 25 Agustus, lapisan es kutub mencair
c. Lapisan es abadi yang mestinya tidak mencair meskipun kutub utara mengalami musim panas
d. Hal mencairnya lapisan es ini tidak pernah muncul dalam penelitian sebelumnya menurut Mark Drinkwater.

11. Cermati teks berikut !
Epistaksis
Mimisan yang dalam medis disebut epistaksis, umumnya bila terjadi pembuluh darah dalam nostril ( lubang hidung ) pecah. Hal ini disebabkan pukulan pada hidung, bersin, mengorek hidung atau saat membuang lendir. Mimisan juga bisa disebabkan oleh iritasi atau keringnya lapisan selaput dalam hidung. Akibat berkurangnya kelembaban dan lingkungan yang kering.
Mimisan kadang – kadang bisa disebabkan oleh luka pada kepala. Sementara yang sifatnya kambuhan bisa jadi merupakan sebuah gejala dari tekanan darah tinggi, mengkonsumsi aspirin dosis tinggi, dalam terapi obat pengencer darah, alergi pendarahan, tumor hidung atau sinus.
Keluarnya darah biasanya hanya terjadi dari salah satu lubang hidung. Kebanyakan mimisan berasal dari pembuluh darah yang terletak pada bagian depan hidung. Sebagian lagi disebabkan oleh pendarahan dari bagian belakang hidung yang mengalir ke dalam tenggorokan. Hal ini membutuhkan pertolongan medis.
 Sumber : Insani, Juni 2004
Rangkuman yang tepat untuk bacaan tersebut adalah .....
a. Mimisan terjadi karena pembuluh darah dalam hidung pecah. Darah yang keluar dapat masuk ke dalam tenggorokan. Ini sangat berbahaya dan secepatnya.
b. Mimisan terjadi karena pembuluh darah dalam hidung pecah. Banyak penyebabnya, selain pukulan pada bagian hidung dapat juga karena mengkonsumsi obat dan lubang hidung kekeringan. Jika pendarahan membahayakan, perlu pertolongan secara medis.
c. Selaput lubang hidung yang kering menyebabkan mimisan. Mimisan yang berlebihan membahayakan si penderita. Oleh karena itu, segera bawa penderita ke rumah sakit agar dapat ditolong secara medis.
d. Kebanyakan mimisan berasal dari lubang bagian depan. Walaupun ada juga yang berasal dari lubang hidung bagian dalam dan ini yang sangat berbahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..