Arsip !

Sabtu, 18 Januari 2020

Belajar

Dalam Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) dimulai dari pendahuluan inti dan akhir.

Dalam kegiatan pendahuluan antara lain, menanyakan kabar siswa peserta, mendata presensi siswa yang ikut pembelajaran, memberi motivasi siswa, mengajak untuk fokus belajar dengan mengucapkan yel-yel pemompa semangat. Selain itu, yang sangat urgen adalah salah satunya adalah guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dan memberi pre test yang berkaitan dengan materi yang akan dibahas. Tujuannya agar mengetahui  berapa persen pemahaman siswa tentang materi yang akan dibahas tersebut.

Dalam kegiatan inti, secara singkat bahwa guru memberikan uraian penjelasan materi yang dipelajari oleh siswa, siswa mendiskusikan masalah yang dibahas, dan melaporkan hasil diskusi dalam bentuk laporan tertulis atau lisan. Laporan lisan inilah yang disebut presentasi (presentation).

Dalam tahapan akhir, siswa diberi post tes atau tes akhir bisa dengan lisan atau bentuk tulis, serta guru bersama  siswa merefleksi pembelajaran dalam bentuk kesimpulan atau merangkum temuan kesulitan siswa dalam pembelajaran yang telah terlaksana. Dan tak lupa merencanakan bersama siswa  untuk kegiatan pembelajaran berikutnya atau selanjutnya. Membuat kesepakatan apa saja yang perlu dipersiapkan bisa alat dan bahannya.

Tahapan KBM tersebut tentu perlu dikelola dengan baik dan optimal. Dalam tahapan tersebut tujuan yang ingin dicapai adalah kompetensi siswa peserta didik. Salah satu fokus dalam KBM terutama dalam kegiatan inti adalah guru mengolah agar siswa melaporkan apa yang telah siswa capai. Hal ini terlihat nyata dan konkrit salah satunya dengan cara presentasi di depan forum belajar. Saat siswa mampu meyampaikan dalam bentuk laporan secara lisan atau presentaai ini maka dapat dinyatakan bahwa sisw tersebut dalam aspek keterampilan berbahasanya sudah terlaksana. 

Presentasi tersebut bisa dimasukkan dalam nilai keterampilan.

Peran serta yang aktif dari siswa tak lepas dari kesunggapan guru dan keaungguhan guru mengikhtiarkan agar siswa mampu.

Style siswa dalam belajar juga sangat berpengaruh dalam ketercapaian suatu target  yang ditetapkan. 

Harapannya adalah bahwa semua siswa peserta didik mampu memosisikan sebagai pembelajar yang aktif dan kreatif.

Cek di
https://youtu.be/aTw9-2fWWJk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..