Laman

Sabtu, 17 Februari 2024

PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTEKTUAL~

TUJUH KOMPONEN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
1. KONTRUKTIVISME:Membangun pemahaman mereka sendiri dari pengalaman baru berdasar pada pengetahuan awal.Pembelajaran harus dikemas menjadi proses ”mengkontruksi” bukan menerima pengetahuan.
2. INQUIRY (MENEMUKAN):Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman.Siswa belajar menggunakan keterampilan berpikir kritis.
3. QUESTIONING (BERTANYA):Kegiatan guru untuk menolong,membimbing menilai kemampuan berpikir siswa.Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry.
4. LEARNING COMUNITY(MASYARAKAT BELAJAR):Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar.Bekerja sama dengan orang lain lebih baik dari pada belajar sendiri.Tukar pengalaman,berbagi ide.
5. MODELLING
 ( PEMODELAN):Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir,bekerja dan belajar.Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakannya.
6. AUTHENTIC ASSESMENT (PENILAIAN YANG SEBENARNYA):Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa.Penilaian produk (kinerja),tugas-tugas yang relevan dan kontekstual.
7. REFLECTION :Cara berpikir tentang apa yang telah kita pelajari .Mencatat apa yang telah kita pelajari.Membuat jurnal,karya seni,diskusi kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar