PENETAPAN KKM DAN RAMBU-RAMBU RAMBU-RAMBU
KKM ditetapkan pada
awal tahun pelajaran
KKM ditetapkan oleh
forum MGMP sekolah
Nilai KKM dinyatakan
dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
Nilai ketuntasan
belajar maksimal adalah 100
Sekolah dapat
menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
Nilai KKM harus
dicantumkan dalam LHBS KRITERIA PENETAPAN KKM 1.Kompleksitas Kesulitan dan
kerumitan setiap Indeks Prestasi (IP) atau Kompetensi Dasar (KD) yang harus
dicapai oleh siswa. Tingkat Kompleksitas Tinggi, bila dalam pelaksanaannya
menuntut : a.SDM : •memahami kompetensi yang harus dicapai oleh siswa •kreatif
dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. b.Waktu : cukup lama karena perlu
pengulangan c.Penalaran dan kecakapan siswa yang tinggi. 2.Daya dukung yaitu
ketersediaan tenaga, sarana dan prasarana pendidikan yang sangat dibutuhkan,
BOP, manajemen sekolah, kepedulian stakeholders sekolah. 3.Intake siswa yaitu
sumber daya manusia yaitu peserta didik MENAFSIRKAN KRITERIA MENJADI NILAI
A.Dengan memberikan point pada setiap kriteria yang ditetapkan : KRITERIA :
Kompleksitas,Daya dukung,Intake kompleksitas : -Tinggi = 1 -Sedang = 2 -Rendah
= 3 daya dukung : - Tinggi = 3 - Sedang = 2 - Rendah = 1 intake : - Tinggi = 3
- Sedang = 2 - Rendah = 1 Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas
rendah, daya dukung tinggi dan intake siswa sedang nilainya adalah: (3 + 3 + 2)
x 100 = 88.89 9 B. Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
KRITERIA:Kompleksitas,Daya dukung,Intake Kompleksitas - Tinggi = 50-64 - Sedang
= 65-80 - Rendah = 81-100 Daya dukung - Tinggi = 81-100 - Sedang = 65-80 -
Rendah = 50-64 Intake - Tinggi = 81-100 - Sedang = 65-80 - Rendah = 50-64 Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan
intake sedang maka nilainya adalah rata-rata setiap nilai dari kriteria yang
kita tentukan. Dalam menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap
kriteria perlu kesepakatan dalam forum MGMP di Sekolah. Tujuan Analisis : untuk
mengetahui tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan. Manfaat Analisis :
sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada tahun berikutnya.( Sumber : Penetapan
KKM,Departemen Pendidikan Nasional)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar