Arsip !

Jumat, 01 Oktober 2010

Latihan Soal Bahasa Indonesia

Pilihlah jawaban yang tepat !
Soal Berdasarkan teks berita 
Bacalah teks berikut dengan saksama,Teks untuk soal nomor 1 dan 2 !
Pesona Gua Kristal di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko

Bumi menyimpan berjuta keindahan. Tidak hanya di permukaan, tapi juga dalam perutnya. Seperti gua kristal yang ditemukan di bawah Gurun Chihuahua, Meksiko, ini. Ukuran gua uar biasa besar. Tidak kurang dari 170 kristal raksasa seukuran batu obelisk menjulang di dalam gua bawah tanah

Konon, ukuran batu kristal terbesarnya sebanding dengan jumlah tinggi enam orang sekaligus. Selain dihuni pilar-pilar kristal jumbo, gua yang berada sekitar 305 meter di bawah permukaan bumi itu dihiasi batu-batu kristal tajam di dindingnya.

Gua kristal tersebut terbentuk dari air tanah yang mengandung kalsium sulfat. Lantaran aliran magma sekitar 1,6 km di bawahnya, air tanah itu lantas mengkristal. Nah, kristal tersebut tercipta dari mineral dalam magma yang mulai dingin. Karena mineral-mineral itu terciprat ke permukaan air, terbentuklah batu-batu kristal yang runcing.

Akibat proses alam selama jutaan tahun, terbentuklah gua kristal di gurun Meksiko tersebut. Meski bentuk pilar-pilar kristal di dalam gua itu menyerupai bongkahan es, temperatur di dalamnya sama sekali tidak dingin. Bahkan, sebaliknya,suhu di dalam gua mencapai 44,4 derajat Celcius dengan kelembapan seratus persen. Karena itu, para pendaki yang meneliti keajaiban alam tersebut dilengkapi dengan pakaian khusus dan perlengkapan untuk menyejukkan badan.

 Kristal-kristal yang menarik dan bernilai jual tinggi itu tentu menggelitik tangan-tangan jahil untuk mengambilnya. Tapi, mengingat kedalaman gua yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk mencapainya, sepertinya mereka yang jahil harus berpikir ulang. Apalagi, kini, gua tersebut dilapisi dengan pintu baja untuk mengamankan hamparan kristal di dalamnya.

(Sumber: Jawa Pos,Rabu, 29 Oktober 2008 dengan perubahan seperlunya)

1. Gagasan utama wacana tersebut adalah... .
a. Gua kristal yang indah,
b. Penemuan gua kristal raksasa di Meksiko ,
c. Meksiko menyimpan kristal raksasa,
d. Keajaiaban bumi menyimpan misteri.

2. Kritikan yang sesuai adalah... .
a. Perlu adanya program jelas dari pemerintah Meksiko untuk pendayagunaan gua kristal yang ditemukan itu,
b. Pihak pemerintah diharapkan mengamankan gua kristal yang ditemukan tersebut,
c. Penemuan gua kristal mampu memberi kontribusi yang baik bagi Meksiko
d. Semua pihak dan masyarakat Meksika harus bangga dan menjaga gua itu.

Bacalah teks berita berikut dengan saksama kemudian kerjakan nomor 3 dan 4 !

Akhirnya, Sri Rosa Roslaina Handiyani segera menggelar konser tunggal. Konser yang direncanakan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Konser itu diadakan pada 26 November 2008 itu menjadi bentuk pertanggungjawaban karier penyanyi yang akrab dipanggil Rosa tersebut kepada masyarakat.

Bukan hanya itu, kata Rosa, konsernya diibaratkan skripsi yang akan meluluskannya sebagai salah seorang diva pop Indonesia. Konser tunggal pertamanya akan menjadi hajatan besar dalam hidupnya, dalam karier bermusik yang sudah dirintis sejak 1996.

Konser tunggal Rosa diberi judul Persembahan Cinta.Dosen penguji skripsinya adalah komposer Erwin Gutawa dan Jay Subiyakto, duet yang juga menggarap konser Tiga Diva; Titi DJ, Ruth Sahanaya, dan Krisdayanti.Erwin sangat mendukung keinginan Rosa. Sudah menjadi komitmen antara Erwin dengan Jay, sejak 1993, ada tekad untuk mendorong penyanyi, musisi, yang memiliki album dan karya untuk melakukan konser.(Sumber:Jawa Pos, Jum'at, 31 Oktober 2008)

Teks II :
Yoyo Belum Tentu Datang
Konser berjudul Persembahan Cinta oleh Penyanyi pop Rossa (30) akan dilaksanakan pada 26 November mendatang.

Dalam konser berjudul Persembahan Cinta akan digelar di Jakarta Convention Center, Rossa akan didukung oleh sederet pemusik di bawah arahan Erwin Gutawa.
"Kalau soal musik, kami sendiri-sendiri. Aku total sebagai penyanyi solo dan kami selalu konsisten dalam pekerjaan," ujar Rossa di studio Erwin Gutawa, Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Kamis (30/10) sore, ketika ditanya oleh para peliput tentang tidak dilibatkannya Yoyo dalam konser tersebut. "Jadi, enggak harus saling terlibat dalam masalah pekerjaan. Kami sama-sama di bidang yang sama, musik," lanjutnya.
Namun, aku Rossa, meskipun ia belum mengetahui apakah suaminya akan menonton konsernya tersebut atau tidak, ia tetap mendapat dukungan dari Yoyo. "Kalau support, mungkin doa. Tapi, doa itu kan abstrak. Sekecil apapun doanya, itu berarti buat aku," ujar pelantun sejumlah hit, antara lain Tegar dan Ayat-ayat Cinta, ini.Ungkap ibu Rizky Langit Ramadhan ini, "Kalau bisa, mungkin dia datang. Sampai saat ini aku belum dapat konfirmasi," ujarnya lagi. ( Sumber : Kompas,Jumat, 31/10/2008)

3. Kesamaan informasi kedua teks tersebut adalah ... .
a. Rossa menggelar konser tunggal bersama suaminya ,Yoyo.
b. Rossa akan mengadakan konser tunggal berjudul Persembahan Cinta
c. Rossa didukung Erwin dan Jay mengadakan konser diva.Rossa optimis
d. sukses dalam mengadakan konser dengan Erwin dan Jay


4. Teks Berita :

Hotel Bekas Bungker di West Virginia Kebanjiran Turis


Bungker tak selamanya harus ditutup-tutupi keberadaannya. Apalagi jika bungker itu merupakan bagian tak terpisahkan dari hotel yang banyak jadi tujuan wisatawan. Ini pula yang terlihat di Greenbrier, hotel papan atas di West VirginiaLebih dari seabad hotel unik ini menjadi langganan kaum elite dan yang berkantong tebal. Tercatat, pangeran maupun presiden dari berbagai negara pernah mencicipi beristirahat di hotel bungker tersebut. Kini, hotel unik tersebut menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik banyak turis. Daya tarik hotel tersebut terutama pada bungker yang menyatu dengan bangunan utama.

Isi teks berita tersebut yang tepat adalah... .
a. Hotel papan atas di West Virginia menarik wisatawan dari luar negeri
b. Bungker yang menjadi hotel di West Virginia menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik
c. West Virginia mempunyai bungker di setiap hotel yang menjadi daya tarik wisatawn
d. Setiap hotel dilengkapi bungker untuk menarik wisatawan di West Virginia.

5. Cermati teks berikut !
Memerangi Narkoba Tanggung Jawab Bersama
 Sampai hari ini masih sering kita dengar ada remaja yang menggunakan narkoba. Keadaan ini sangat memprihatinkan semua pihak. Oleh karena itu, aparat dan masyarakat bersama-sama mencoba memeranginya secara maksimal. Tanpa adanya kerja sama antara aparat dan masyarakat, pengguna narkoba akan sulit diberantas.

Kesimpulan dari tajuk rencana tersebut adalah ….
a. Banyak remaja menggunakan narkoba
b. Memerangi narkoba tanggung jawab bersama
c. Perlunya kerja sama antara aparat dan masyarakat
d. Sulit memberantas pengguna narkoba.

6. Cermati teks berikut !

Setiap orang harus bertingkah laku sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan sehingga ketertiban dalam masyarakat tetap terpelihara. Melalui ketentuan hukum kehidupan di dalam masyarakat diatur dan ditertibkan, agar terbina suasana kehidupan yang harmonis.

Hukum dapat digolongkan menurut sanksi atau sifatnya, bentuknya, dan isinya. Menurut sanksi atau sifatnya, hukum disebut yang mengatur dan memaksa. Menurut bentuknya, hukum dapat digolongkan menjadi hukum hukum dapat digolongkan menjadi hukum material dan hukum normal. Menurut isinya publik, hukum privat atau hukum sipil. Pembagian yang sekarang lazim ialah pembagian hukum dalam hukum publik dan hukum privat ( sipil )
Kesimpulan wacana tersebut ….
a. Melalui hukum, kehidupan masyarakat diatur, ditertibkan,agar tebina suasana kehidupan yang harmonis.
b. Hukum menciptakan ketertiban dan keamanan
c. Melalui hukum yang ada di dunia, kehidupan manusia akan bahagia.
d. Jenis – jenis hukum di Indonesia ada bermacam – macam


7. Cermatilah penggalan cerpen berikut !

Raja Muda menikah dengan putri cantik. Semua rakyat gembira, kecuali Dayang Ipu. Ia ingin menyingkirkan Sang Putri. Sang Putri oleh Dayang Ipu dibawa ke laut dan ditinggalkan sendiri. Dayang Ipu menjelma menjadi Sang Putri, kemudian bersenang-senang di istana.

Tokoh Dayang Ipu mempunyai watak....
a. dendam                      
b. kikir
c. dengki                  
d. Sombong

1 komentar:

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~

Menyamakan visi dari berbagai individu dengan talenta ,pengetahuan yang berbeda ~
Belajar adalah proses~

Share

Ketahuilah, api itu panas, apalagi menceburkan diri akan terbakar kita di dalamnya. Semakin dalam semakin panas dan bahkan semakin bergolak. Karenanya jagalah dirimu jangan sampai mendekat pada api tersebut. Bentengilah diri kamu dengan iman dan taqwa.

Opinion ~_~

Simpel

Populer

Aktual

Edukasi

Prediksi soal UN_

Belajar akting?

Belajar akting?

Seni Tradisi

Seni Tradisi

Belajar Akting?

Belajar Akting?
Lgi pamitan, eee ngasih selendang putih..